Sabtu, 04 April 2020

Apliaksi yang Bisa Digunakan untuk Kuliah Online

Yuk cek aplikasi apa yang bisa membantu kita untuk melakukan sekolah hingga kuliah online.

1. Ruangguru

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan.

2. Zenius.net

Zenius.net merupakan aplikasi yang menyediakan produk dan jasa untuk kegiatan belajar secara online.

3. Google Classroom

Google Classroom adalah aplikasi daring untuk menunjang kegiatan belajar dengan
memanfaatkan akun Gmail sebagai layanan lingkup pendidikan online.

4. SEVIMA EdLink

Sevima EdLink adalah aplikasi berbasis android yang dikhususkan untuk dunia pendidikan dalam membantu dosen/guru menghemat waktu, menjaga kelas tetap teratur, dan meningkatkan komunikasi dengan mahasiswa. edlink.id

5. Microsoft

Microsoft juga menyediakan aplikasi belajar online, peserta didik dan pendidik berhak menggunakan Office 365 Education gratis, peserta didik cukup memasukkan alamat email sekolah saja.

6. Moodle

Merupakan aplikasi yang dapat diakses secara gratis untuk kegiatan belajar secara online.

7. Blackboard CourseSites

Blackboard adalah merupakan aplikasi sekaligus portal penyedia layanan pendidikan online yang dapat diakses secara gratis, dan biasanya digunakan oleh berbagai universitas.

8. Schoology

Schoology adalah aplikasi LMS (Learning Management System) yang memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar secara gratis, biasanya beberapa universitas juga menggunakan aplikasi ini.

9. Latitude Learning

Latitude Learning adalah portal layanan LMS pendidikan yang bisa digunakan oleh 100 pengguna sekaligus dalam satu kelas.

10. Edmodo

Edmodo adalah platform microblogging pribadi yang dikembangkan untuk guru dan siswa sebagai aplikasi penunjang kegiatan belajar mengajar secara online.

11. Quipper


Quipper merupakain perusahaan teknologi pendidikan, yang menyediakan layanan produk/jasa pendidikan bagi siswa di Indonesia.

Sumber: Sevima.com

Aplikasi-Aplikasi di atas sangat membantu untuk perkuliah daring yang sedang kita lakukan sekarang, karena berdasarkan surat edaran diktis bahwa perkuliahan daring akan kita lakukan sampai akhir semester genap. Dalam kondisi seperti ini tentu kita sebagai Dosen harus mempunyai kreativitas supaya proses pembelajaran lebih bervariasi. Secara ekplisit, kita sebagai dosen dari 11 aplikasi di atas, banyak yang belum kita ketahui. Terutama saya, saya hanya pernah mempelajari, 4 diantaranya, Ruang Guru, Google Clasroom, moodle dan edmodo. dan itu pun masih belajar basic nya belum terlalu mendalam. Ingin Sekali bisa menerapkan pembelajaran  dg aplikasi di atas. namun kita keterbatasan tutor untuk mengajarkan secara mendalam. sebenarnya klu belajar otodidak bisa kita lalukan, tetapi untuk hal teknis kita memerlukan tutor.

Pada umumnya sekarang ini kita menggunakan WA Grup untuk perkuliahan online kita. untuk sementara sepertinya WA Grup masih efektif kita gunakan untuk perkuliahan, melihat karakteristik dari peserta didik kita, ada yang bertempaat tingga jauh dari signal dan signal kurang bagus. hal tersebut berpengaruh pada proses perkuliahan. Namun semoga dengan kendala tersebut tidak menyurutkan semangat kita untuk berinovasi dalam proses pembelajaran khususnya perkuliahan daring ini. 

Vitur WA Grup masif efektif, karena kita bisa kirim materi, pesan suara dan video, dan tidak memerlukan jaringan yang terlalu kuat seperti kita mendownload youtube. kita bisa berinteraksi dengan mahasiswa lebih intensif. Namun salah satu kekurangan WA Grup adalah, untuk melihat proses perkuliahan yang sudah kita lakukan kita harus menscroll dulu ke atas, dan itu membutuhkan waktu dan kadang-kadang tidak sengaja terhapus. sehingga kita bisa mendapatkannya lagi. Nah, untuk mempermudah kita untuk membuat laporan, setelah kita kuliah, kita langsung screenshot yang kita butuhkan dan pindahkan segera ke ms word. 

Google Clasroom juga sangat membantu, hanya saja kita tidak bisa berinteraksi secara intensif dengan mahasiswa, karena tidak ada pesan suara dan videonya. menurut saya google clasroom bagus untuk melaksanakan ujian, dosen memberikan soal dan mahasiswa  mengumpulkan jawaban dalam flatfoam yang sudah disediakan. namun kelebihan dari aplikasi ini, kelas kita rapi, untuk penyimpanan data dan tampilan lengkap.

ok gaees,,,,
Sekian dulu informasi yang bisa saya bagikan. 

Semoga bermanfaat🙏🙏 

DS




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMILU 2024 (PART 1)

 Assalamualaikum sahabatku Sudah lama tidak menggoreskan tinta di blog ini, ya sudah hampir 2 tahun. cukup lama ya tidak menulis. iyaa sudah...