RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
By : Devi Sospita,
S.Pd.I, M.Pd
Satuan Pendidikan : SMP Smart Padang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX/1
Jumlah Pertemuan : 1 kali pertemuan
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
2. memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
|
2.2 menghitung
luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
|
·
Menentukan luas selimut bola
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
menentukan luas selimut bola
II. Materi Ajar : Bola
III. Alokasi Waktu
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Bentuk Kegiatan/Tugas
|
TM
|
2 x 35 menit
|
Sesuai kegiatan pembelajaran
|
IV. Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran :
Contextual Teaching And Learning ( CTL )
Metode Pembelajaran : Penemuan terbimbing, Tanya jawab, diskusi,
pemberian tugas.
V. Kegiatan Pembelajaran
Ø
Pertemuan I:
Kegiatan
|
Waktu
|
|||||
I.
Kegiatan Awal
a)
Pendahuluan
· Menjalin interaksi dengan peserta didik.
· Memeriksa kehadiran peserta didik
· Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran.
b)
Apersepsi
· Guru meminta peserta didik untuk mengingat kembali mengenai luas
lingkaran
c)
Motivasi
· Guru memberikan motivasi pada siswa. Dalam kehidupan sehari-hari, misalkan
seorang pengusaha yang bergerak dalam pembuatan bola kaki, ingin memberikan
kreasi baru pada kulit bola tersebut. Apabila bola tersebut berdiameter 30
cm, berapakah cm kah bahan yang akan digunakan untuk menguliti bola tersebut?
Untuk menyelesaikan masalah tersebut
kita harus mengetahui bagaimana mencari luas selimut bola.
|
5 menit
5 menit
10 menit
|
|||||
II.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
· Peserta didik duduk berkelompok, kemudian setiap kelompok diminta
untuk mengeluarkan media yang telah mereka bawa yaitu buah jeruk dengan ukuran yang berbeda
· Peserta didik diberikan masalah yang berkaitan dengan luas selimut
bola dalam bentuk LKS
1)
Tentukanlah luas selimut bola
?
2)
Tentukan luas selimut bola
apabila diketahui jari-jarinya 14 cm?
3)
Tentukan luas selimut bola
apabila bola mempunyai diameter 28 cm?
4)
Tentukan luas selimut bola
jika jari-jari bola adalah 28 cm?
5)
Tentukan luas selimut bola
jika jari-jarinya 35 cm?
( soal nomor 1
untuk semua kelompok dan nomor 2
sampai 4 untuk masing-masing kelompok )
· Setiap kelompok mendiskusikan dan menyelesaikan masalah yang
diberikan dengan bimbingan guru
1)
Setiap kelompok menentukan
luas selimut bola dengan menggunakan
media yang ada yaitu buah jeruk. Setiap kelompok mempunyai buah jeruk dengan
ukuran yang berbeda
2)
Langkah-langkah :
Ø Buah jeruk dipotong ditengah atau dibelah dua
Ø Hitung diameter jeruk tersebut dan buat lingkaran dengan diameter
yang sama
Ø Kulit jeruk dikupas dan ditempelkan kecil-kecil pada lingkaran
yang telah dibuat
Ø Dari kegiatan di atas setiap kelompok akan menemukan bahwa kulit
jeruk tersebut memenuhi empat buah
lingkaran, maka luas selimut bola sama dengan 4 kali luas lingkaran
Dari kegiatan di
atas ditemukan bahwa luas selimut bola sama dengan empat kali luas lingkaran.
Jadi
a)
Elaborasi
· Satu kelompok diminta mengajukan diri (jika tidak ada yang
mengajukan diri, maka dipilih secara acak oleh guru) untuk mempresentasikan hasil diskusi
· Kelompok yang lain diminta untuk menanggapi apa yang disampaikan
kelompok penyaji
b)
Konfirmasi
· Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum
dipaham
· Guru memberikan peguatan pada siswa apabila ada kekeliruan dalam
pmenyelesaikan masalah dengan mengoreksi apa yang telah dilakukan.
|
40 menit
30 menit
60
enit
|
|||||
1.
Kegiatan Penutup
a)
Kesimpulan
Peserta didik
dibimbing oleh guru, menyimpulkan intisari dari materi yang telah dipelajari.
b)
PR
|
10 menit
|
VI. Penilaian Hasil Belajar
·
Jenis Penilaian : Kognitif, dan Afektif
·
Bentuk Penilaian : Tes
Tertulis (Kognitif) Lembar , penilaian Autentik dan Penilaian Afektif
A.
Lembar Penilaian Afektif
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
Hasil
Penilaian
|
|||||||||||||||||||||||||
Kedisiplinan
|
Kerajinan
|
Ketekunan
|
Tanggungjawab
|
Hormat
kepada Guru
|
Jumlah
Skor
|
Predikat
|
||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
||
1
2
3
…
dst
|
………
………
………
………
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penilaian:
Skor
|
Jumlah Skor
|
Predikat
|
|
5
|
23 – 25
|
Sangat Baik
|
A
|
4
|
18 – 22
|
Baik
|
B
|
3
|
13 – 17
|
Cukup
|
C
|
2
|
8 – 12
|
Kurang
|
D
|
1
|
5 – 7
|
Sangat Kurang
|
E
|
LEMBAR KERJA SISWA
( LKS )
“Luas Selimut
Bola”
Nama Kelompok:
Anggota :
|
Tujuan
Pembelajaran : Siswa dapat menentukan luas selimut bola
1.
Tentukanlah rumus
selimut bola dengan menggunakan media jeruk!
Alat
dan bahan :
a. Buah
jeruk yang bulat
b. Kertas
manila dan lem
c. Gunting
/ pisau
d. Jangka,
penggaris
Langkah
kerja :
a. Potong
jeruk ditengah-tengah
b. Ukurlah
garis tenganya dan buatlah lingkaran yang garis tengahnya sama dengan garis
tengah jeruk
c. Kupaslah
jeruk dan potong-potonglah kuit jeruk menjadi kecil-kecil
d. Tempelkan
( dengan lem ) kulit jeruk yang telah di potong kecil ke dalam lingkaran sampai
penuh dan tidak tumpang tindih
e. Ada
berapa lingkaran yang penuh oleh kulit jeruk tersebut?
|
1.
Tentukan luas selimut bola apabila
diketahui jari-jarinya 28 cm?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
2. Tentukanlah
luas selimut bola jika bola tersebut memiliki diameter 28 cm ?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….......................................................................................................................
“Good
luck”
LEMBAR KERJA SISWA
( LKS )
“Luas Selimut
Bola”
Nama Kelompok:
Anggota :
|
Tujuan
Pembelajaran : Siswa dapat menentukan luas selimut bola
1. Tentukanlah
rumus selimut bola dengan menggunakan media jeruk!
Alat
dan bahan :
a. Buah
jeruk yang bulat
b. Kertas
manila dan lem
c. Gunting
/ pisau
d. Jangka,
penggaris
Langkah
kerja :
a. Potong
jeruk ditengah-tengah
b. Ukurlah
garis tenganya dan buatlah lingkaran yang garis tengahnya sama dengan garis
tengah jeruk
c. Kupaslah
jeruk dan potong-potonglah kuit jeruk menjadi kecil-kecil
d. Tempelkan
( dengan lem ) kulit jeruk yang telah di potong kecil ke dalam lingkaran sampai
penuh dan tidak tumpang tindih
e. Ada
berapa lingkaran yang penuh oleh kulit jeruk tersebut?
|
1.
Tentukan luas selimut bola apabila
diketahui jari-jarinya 3.5 cm?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
2.
Tentukanlah luas
selimut bola jika bola tersebut memiliki diameter 14 cm ?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….......................................................................................................................
“Good
luck”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar