Senin, 03 September 2012

RPP Matematika SMP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          :               SMP 
Mata Pelajaran                 :               Matematika
Kelas/Semester                               :               VIII/2
Jumlah Pertemuan         :               1 kali pertemuan

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
5. memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
5.1 mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya
·   menentukan dan menyebutkan sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas  serta bagian-bagiannya


I.      Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menentukan dan menyebutkan sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas  serta bagian-bagiannya


II.      Materi Ajar :  bangun ruang

III.      Alokasi Waktu

Kegiatan Belajar
Waktu
Bentuk Kegiatan/Tugas
TM
2 x 40 menit
Sesuai kegiatan pembelajaran

IV.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran           :  Active Learning 
Metode Pembelajaran        :   Tebak Kata, Tanya Jawab dan pemberian tugas.

V.      Kegiatan Pembelajaran
Ø Pertemuan II:
Kegiatan
Waktu
I.     Kegiatan Awal
a)   Pendahuluan
·      Menjalin interaksi dengan peserta didik.
·      Memeriksa kehadiran peserta didik
·      Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran.
b)   Apersepsi
·      Guru meminta peserta didik untuk mengingat kembali mengenai sifat-sifat bangun ruang
c)    Motivasi
·      Guru memberikan motivasi pada siswa, bahwa materi ini adalah materi pengantar untuk memahami bangun ruang, jadi materi ini sangat penting dipelajari sebelum masuk pada materi bangun ruang lebih lanjut. Dapat juga dikatakan kalau materi ini adalah materi prasyarat untuk materi berikutnya mengenai bangun ruang.

5 menit



10 menit



II.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Guru mereview secara singkat materi yang telah diajarkan pada pertemuan pertama mengenai sifat-sifat bangun ruang dan bagian-bagiannya
·      guru  yang menyediakan kartu pertanyaan dan kartu jawaban
·      Peserta didik berdiskusi dengan teman pasangan yang duduk disebelahnya mengenai sifat-sifat bangun ruang yang telah dipelajari
·      Peserta didik diminta untuk berdiri secara berpasangan sesuai gender dengan keadaan saling berhadapan
·      Salah seorang dari setiap pasangan memberikan pertanyaan kepada pasangannya, yang lembar jawabannya diletakan didahi atau dibagian tubuh pasangan yang menjawab dalam keadaan tertutup
·      Setiap pasangan mendapatkan 3 buah pertanyaan ( lampiran )
·      Setelah semua pertanyaan diajukan pada pasangan masing-masing , untuk termen selanjutnya berganti peran, yang menjadi penanya pada termen satu,  pada termen kedua menjadi penjawab
·      Pertanyaan pada termen kedua ini sama dengan yang pertama tetapi telah di change terlebih dahulu
a)   Elaborasi
·      Semua peserta didik diminta mengerjakan lembar kerja yang diberikan guru
·      Peserta didik diminta untuk menampilkan hasik kerja mereka di papan tulis
·      Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menanyakan materi yang belum dipahami

b)   Konfirmasi
·    Guru memberikan peguatan pada siswa apabila ada kekeliruan dalam pmenyelesaikan masalah dengan mengoreksi apa yang telah dilakukan.


30 menit










20 menit


10 menit

1.       Kegiatan Penutup
a)   Kesimpulan
Peserta didik dibimbing oleh guru, menyimpulkan intisari dari materi yang telah dipelajari.
b)   PR


5 menit

VI.      Penilaian Hasil Belajar
·      Jenis Penilaian                 :   Kognitif, dan Afektif
·      Bentuk Penilaian            :   Tes Tertulis (Kognitif) Lembar , penilaian Autentik dan Penilaian Afektif


A.   Lembar Penilaian Afektif
No
Nama
Siswa
Aspek Penilaian
Hasil Penilaian
Kedisiplinan
Kerajinan
Ketekunan
Tanggungjawab
Hormat kepada Guru
Jumlah Skor
Predikat
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5


1
2
3
dst
………
………
………
………
………




























Pedoman Penilaian:
Skor
Jumlah Skor
Predikat
5
23 – 25
Sangat Baik
A
4
18 – 22
Baik
B
3
13 – 17
Cukup
C
2
8 – 12
Kurang
D
1
5 – 7
Sangat Kurang
E


VII.          Sumber Pembelajaran
Buku matematika SMP Kelas VIII semester 2. Erlangga
Buku matematika bse SMP Kelas VIII


























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMILU 2024 (PART 1)

 Assalamualaikum sahabatku Sudah lama tidak menggoreskan tinta di blog ini, ya sudah hampir 2 tahun. cukup lama ya tidak menulis. iyaa sudah...