RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/2
Jumlah
Pertemuan : 1 kali pertemuan
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
5.
memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta
menentukan ukurannya
|
5.1
mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta
bagian-bagiannya
|
· menentukan
dan menyebutkan sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat menentukan dan menyebutkan sifat-sifat kubus,
balok, prisma dan limas serta
bagian-bagiannya
II.
Materi
Ajar : bangun ruang
III.
Alokasi
Waktu
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
Bentuk
Kegiatan/Tugas
|
TM
|
2 x 40 menit
|
Sesuai
kegiatan pembelajaran
|
IV.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Active
Learning
Metode
Pembelajaran : Tebak Kata, Tanya Jawab dan pemberian tugas.
V.
Kegiatan
Pembelajaran
Ø Pertemuan II:
Kegiatan
|
Waktu
|
I.
Kegiatan Awal
a)
Pendahuluan
·
Menjalin interaksi dengan peserta
didik.
·
Memeriksa kehadiran peserta didik
·
Mempersiapkan kelas untuk
pembelajaran.
b)
Apersepsi
·
Guru meminta peserta didik untuk
mengingat kembali mengenai sifat-sifat bangun ruang
c)
Motivasi
·
Guru memberikan motivasi pada siswa,
bahwa materi ini adalah materi pengantar untuk memahami bangun ruang, jadi
materi ini sangat penting dipelajari sebelum masuk pada materi bangun ruang
lebih lanjut. Dapat juga dikatakan kalau materi ini adalah materi prasyarat
untuk materi berikutnya mengenai bangun ruang.
|
5
menit
10
menit
|
II.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Guru mereview secara singkat materi yang
telah diajarkan pada pertemuan pertama mengenai sifat-sifat bangun ruang dan
bagian-bagiannya
·
guru
yang menyediakan kartu pertanyaan dan kartu jawaban
·
Peserta didik berdiskusi dengan
teman pasangan yang duduk disebelahnya mengenai sifat-sifat bangun ruang yang
telah dipelajari
·
Peserta didik diminta untuk berdiri
secara berpasangan sesuai gender dengan keadaan saling berhadapan
·
Salah seorang dari setiap pasangan
memberikan pertanyaan kepada pasangannya, yang lembar jawabannya diletakan didahi
atau dibagian tubuh pasangan yang menjawab dalam keadaan tertutup
·
Setiap pasangan mendapatkan 3 buah
pertanyaan ( lampiran )
·
Setelah semua pertanyaan diajukan pada
pasangan masing-masing , untuk termen selanjutnya berganti peran, yang
menjadi penanya pada termen satu, pada
termen kedua menjadi penjawab
·
Pertanyaan pada termen kedua ini
sama dengan yang pertama tetapi telah di change
terlebih dahulu
a)
Elaborasi
·
Semua peserta didik diminta
mengerjakan lembar kerja yang diberikan guru
·
Peserta didik diminta untuk
menampilkan hasik kerja mereka di papan tulis
·
Guru memberikan kesempatan pada
siswa untuk menanyakan materi yang belum dipahami
b)
Konfirmasi
·
Guru memberikan peguatan pada siswa
apabila ada kekeliruan dalam pmenyelesaikan masalah dengan mengoreksi apa
yang telah dilakukan.
|
30
menit
20 menit
10 menit
|
1.
Kegiatan Penutup
a)
Kesimpulan
Peserta didik dibimbing
oleh guru, menyimpulkan intisari dari materi yang telah dipelajari.
b)
PR
|
5
menit
|
VI.
Penilaian
Hasil Belajar
·
Jenis Penilaian : Kognitif,
dan Afektif
·
Bentuk Penilaian : Tes
Tertulis (Kognitif) Lembar , penilaian Autentik dan Penilaian Afektif
A. Lembar
Penilaian Afektif
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Hasil Penilaian
|
|||||||||||||||||||||||||
Kedisiplinan
|
Kerajinan
|
Ketekunan
|
Tanggungjawab
|
Hormat kepada Guru
|
Jumlah Skor
|
Predikat
|
||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
2
3
…
dst
|
………
………
………
………
………
|
Pedoman Penilaian:
Skor
|
Jumlah Skor
|
Predikat
|
|
5
|
23 –
25
|
Sangat Baik
|
A
|
4
|
18 –
22
|
Baik
|
B
|
3
|
13 –
17
|
Cukup
|
C
|
2
|
8 –
12
|
Kurang
|
D
|
1
|
5 –
7
|
Sangat Kurang
|
E
|
VII.
Sumber
Pembelajaran
Buku matematika SMP Kelas VIII semester 2. Erlangga
Buku matematika bse SMP Kelas VIII
Tidak ada komentar:
Posting Komentar